Implementasi Media Game Online (Game Edukasi Wordwall) dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak

Authors

  • Maria Ulfah Universitas Annuqayah
  • Barratun Naqiyah Universitas Annuqayah

Abstract

Anak usia dini merupakan masa keemasan atau golden age. Pada masa tersebut anak mudah menerima rangsangan dari lingkungannya. Salah satu aspek perkembangan yang sangat penting adalah kognitif. Kognitif merupakan proses berpikir otak yang meliputi mengingat, menerima dan mengolah informasi dari dunia sekitarnya. Proses pembelajaran yang hanya menggunakan metode konvensional seperti penggunaan Lembar Kerja Anak (LKA) yang monoton sering kali kurang efektif dan tidak optimal dalam mengembangkan kemampuan kognitif. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut pemanfaatan media pembelajaran digital berbasis game edukasi Wordwall menjadi salah satu sarana yang efektif dan memiliki potensi besar dalam membantu meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini di RA Raudlatul Ihsan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi media game edukasi Wordwall dalam meningkatkan kognitif anak di RA Raudlatul Ihsan Palongan Kapedi dan untuk mengetahui kemampuan kognitif anak di RA Raudlatul Ihsan setelah diimplementasikan media game edukasi Wordwall. Pendekatan penelitian ini adalah studi fenomenologis. Teori yang digunakan adalah teori perkembangan kognitif Jean Piaget. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah implementasi media game edukasi Wordwall yaitu dilaksanakan satu minggu satu kali, guru menyiapkan materi pembelajaran, mengirimkan link ke komputer lab, mengajak anak untuk belajar di lab, berbagi tugas pada saat anak bermain game Wordwall, menjelaskan tema dan aturan bermain, anak bermain secara bergantian sesuai urutan, menjawab pertanyaan pada layar dan memiliki kesempatan menjawab pertanyaan beberapa kali serta kemampuan kognitif anak setelah diimplementasikan media game edukasi Wordwall yaitu anak mampu berpikir logis dan mampu berpikir simbolik.

Downloads

Published

2025-07-30

Issue

Section

Articles

Categories