Optimalisasi Kemampuan Literasi Anak Melalui Permainan Menyusun Huruf pada Topik Kendaraan
DOI:
https://doi.org/10.59005/starkids.v1i1.461Keywords:
Literasi Anak,, Permainan Menyusun HurufAbstract
Literasi dini sangat penting dalam perkembangan anak usia dini, karena kemampuan membaca dan menulis merupakan dasar dari pembelajaran lebih lanjut. Anak-anak yang memiliki keterampilan literasi yang baik cenderung lebih sukses dalam pendidikan formal mereka. Anak usia dini membutuhkan stimulasi yang tepat untuk mengembangkan keterampilan kognitif, motorik, dan sosial-emosional mereka. Permainan menyusun huruf dapat membantu mengembangkan koordinasi mata dan tangan, pemahaman tentang huruf dan kata, serta kemampuan untuk bekerja sama dan berbagi dengan teman sebaya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) Alur kerja Kemmis & Mc. Taggart dengan menggunakan tiga siklus. Teori yang dipakai adalah teori Belajar Konstruktivis Jean Piaget dan Teori Belajar Aktif oleh John Dewey. instrument penelitian yang digunakan adalah pengumpulan data menggunakan observasi.
Adapun hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa permainan menyusun huruf pada topic kendaraan di TK Dahlia Bungbungan Kecamatan Bluto dinilai efektif, hal ini dapat dilihat dari perkembangan nilai rata-rata dari tahap pra siklus 26,6% , siklus I 33,%, siklus II 51,3%, dan siklus III 65,3%



