Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Anak melalui Metode Bermain
DOI:
https://doi.org/10.59005/starkids.v1i1.278Keywords:
motivasi, belajarn, anak, bermainAbstract
Sebagai seorang pendidik guru harus mampu berperan sebagai Pelaku pendidikan, yaitu sebagai observator, motivator, fasilitator dan sebagai evaluator. Guru PAUD harus mempunyai kemampuan pemahaman dalam pengimplementasian strategi mengajarnya agar pembelajaran bisa tercapai, maka dari itu metode-metode dalam pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dalam mencapai tujuan pendidikan, oleh karena itu para guru/pendidik AUD perlu mengenal terhadap metode pembelajaran bermain beserta penerapannya dalam kegiatan pembelajaran agar kegiatan pembelajaran sesuai dengan apa yang diharapkan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitna kualitatif, karena data-data akan dipaparkan secara analisis deskriptif. Penelitian ini cenderung mendasarkan diri pada usaha mengungkapkan dan menformulasikan data lapangan dalam bentuk kata-kata semaksimal mungkin/utuh, serta menggambarkan realitas aslinya kemudian data itu dianalisis dan dideskripsikan dalam bentuk teori sebagai tujuan akhir penelian ini. Penggunaan metode bermain dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia dini di RA Ar-Risalah Bataal Barat melalui metode bermain aktif, antara lain, bermain tikus dan kucing, bermain maju mundur, bermain kartu pintar, dan bermain peran secara spontan. Penggunaan empat permainan tersebut menyenangkan dan sangat disukai oleh anak. Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia dini di RA Ar-Risalah dengan membangkitkan minat siswa, menciptakan suasana menyenangkan, menggunakan variasi metode yang menarik, memberikan pujian dan menciptakan persaingan dan kerjasama.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Starkids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



