Aktualisasi Konsep Nilai di Pesantren Alawiyin (Kajian Fenomenologi Pesantren Darullughah Wadda’wah Bangil Pasuruan)
Keywords:
Aktualisasi, Konsep Nilai, Pesantren AlawiyinAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep nilai dalam proses pendidikan di pesantren Alawiyin dikenal sebagai lembaga pendidikan Islam yang mengusung tradisi Ahlul Bait dengan penekanan kuat pada pembinaan akhlak, spiritualitas, dan adab. Kajian ini menelusuri bagaimana nilai-nilai seperti keikhlasan, bersih hati, sabar dan kerja keras dan penuh kasih sayang (mahabbah), rendah hati (tawadhu’), serta penghormatan terhadap guru dan ilmu (ta’dzim) ditanamkan melalui proses pendidikan yang terstruktur dan penuh keteladanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Uji kredibilitas data dilakukan dengan teknik triangulasi untuk memastikan keabsahan data. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis A Maicel Huberman and B Miles Methew, yang mencakup proses data collection, data reduction, data display, dan conclusions : drawing verifying Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pendidikan di Pesantren Alawiyin tidak hanya bersifat kognitif, tetapi juga transformatif, dengan menempatkan nilai-nilai sebagai inti dari seluruh aktivitas belajar dan kehidupan santri. Aktualisasi nilai dilakukan secara bertahap dan menyatu dalam keseharian, menjadikan pesantren ini sebagai model pendidikan berbasis nilai yang relevan untuk pembentukan karakter Islami kontemporer.




