Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menguatkan Nilai-Nilai Multikultural di SMA Berbasis Pesantren

Authors

  • Mohammad Hosnan Universitas Annuqayah, Indonesia
  • Paisun Paisun Universitas Annuqayah, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran kepemimpinan kepala sekolah dalam menguatkan nilai-nilai multikultural di SMA berbasis pesantren melalui kajian literatur yang komprehensif. Madura dikenal dengan kekayaan tradisi budaya dan agama yang kuat, sehingga tantangan untuk mengintegrasikan nilai-nilai multikultural dalam pendidikan sangat relevan. Sekolah berbasis pesantren, sebagai lembaga pendidikan yang mengintegrasikan pendidikan agama dan umum, memiliki peran strategis dalam membentuk karakter dan wawasan multikultural bagi para siswa. Melalui analisis literatur yang sistematis, penelitian ini mengkaji bagaimana kepala sekolah sebagai pemimpin memainkan peran penting dalam merancang dan mengimplementasikan kebijakan pendidikan yang mendukung penguatan nilai-nilai multikulturalisme. Hasil analisis literatur menunjukkan bahwa kepemimpinan yang inklusif, berbasis pada nilai-nilai toleransi dan saling menghormati, menjadi faktor utama dalam menguatkan kesadaran multikultural di sekolah. Kepala sekolah berperan sebagai motor penggerak dalam menciptakan budaya sekolah yang mendukung keragaman, serta mengembangkan kurikulum yang sensitif terhadap keberagaman budaya dan agama.

Downloads

Published

2024-09-30

Issue

Section

Articles