Peran Interaksi Edukatif Guru-Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Nurul Anwar Gapura Sumenep

Authors

  • Moh. Naqib Universitas Annuqayah, Indonesia
  • Ahmad Faris Universitas Annuqayah, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran interaksi edukatif antara guru dan siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Nurul Anwar Gapura Sumenep. Interaksi edukatif dipahami sebagai proses komunikasi dua arah yang mendidik dan membangun suasana belajar yang aktif serta kondusif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Uji kredibilitas data dilakukan dengan teknik triangulasi untuk memastikan keabsahan data. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis Creswell, yang mencakup proses pengorganisasian data, pengkodean, pencarian tema, dan penarikan makna dari temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi edukatif guru-siswa aerperan penting dalam meningkatkan motivasi belajar, pemahaman materi, serta keterampilan berbahasa siswa. Guru yang mampu membangun komunikasi yang suportif dan reflektif terbukti menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan mendorong partisipasi aktif siswa. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas interaksi edukatif sangat menentukan keberhasilan pembelajaran Bahasa Arab di madrasah.

Downloads

Published

2024-09-30

Issue

Section

Articles