Implementasi Pendidikan Islam Berbasis Inklusif di Pesantren: Strategi Kiai dalam Mendidik Santri Berwawasan Inklusif

Authors

  • Mohammad Hosnan Universitas Annuqayah Sumenep
  • Abdul Halim Universitas Annuqayah Sumenep

Abstract

Pendidikan Islam berbasis inklusif di pesantren merupakan pendekatan yang mengakomodasi keberagaman santri, baik dari segi kemampuan, latar belakang sosial, maupun kondisi fisik dan mental. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi yang diterapkan oleh kiai dalam implementasi pendidikan Islam berbasis inklusif di pesantren. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini menggali peran kiai dalam merancang kurikulum inklusif, memberikan pelatihan kepada tenaga pendidik, menyediakan fasilitas yang mendukung aksesibilitas bagi santri dengan kebutuhan khusus, serta membangun budaya pesantren yang mengedepankan nilai-nilai toleransi dan saling menghormati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kiai memegang peran sentral dalam memastikan bahwa pendidikan inklusif di pesantren berjalan dengan efektif melalui kebijakan yang berbasis pada nilai-nilai Islam, penyusunan kurikulum yang fleksibel, dan pelatihan berkelanjutan bagi pengasuh dan pengajar. Selain itu, infrastruktur yang ramah inklusif dan penguatan hubungan dengan orang tua serta masyarakat juga menjadi faktor penting dalam mendukung keberhasilan penerapan pendidikan inklusif di pesantren. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan model pendidikan Islam yang inklusif di pesantren sebagai upaya menciptakan lingkungan yang lebih toleran dan saling menghargai di tengah masyarakat yang plural.

Downloads

Published

2024-03-15

Issue

Section

Articles