Konsep Pendidikan Keluarga Harmonis untuk Membentuk Kepribadian Anak yang Berkualitas dalam Perspektif Islam
Abstract
Abstrak
Penelitian ini akan mengulas konsep pendidikan keluarga harmonis dalam perspektif Islam, terutama terkait nilai-nilai dan praktik yang bisa menumbuh kembangkan potensi anak dengan baik. Penelitian ini akan fokus pada kajian seputar pendidikan dalam keluarga, baik tentang sifat-sifatnya, tujuan dan fungsinya, serta peran struktur keluarga dalam membentuk lingkungan yang mendukung pertumbuhan minat dan bakat anak. Selain itu, penelitian ini juga menelusuri implementasi praktik-praktik konkret dalam kehidupan sehari-hari yang dapat mendorong pembentukan karakter anak yang berkualitas. Dari penelitian ini ditemukan, bahwa pendidikan keluarga yang harmonis berbasis nilai-nilai Islam tidak hanya memberikan landasan moral yang kuat bagi anak, tetapi juga membantu tumbuhnya mereka sebagai seorang individu yang berkontribusi positif dalam kehidupan masyarakat.




