Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Konsep Homeschooling
Abstract
Beberapa orang tua yang tidak begitu percaya terhadap lembaga formal baik secara akses, proses maupun lulusan yang dihasilkan dari lembaga formal. Sebagai alternatifnya, mereka memilih homeschooling, yaitu merupakan sstem pendidikan yang berbasis Rumah. Untuk merelisaikan pendidikan Islam perlu kiranya menerapkan nilai-nilai pendidikan Islam dalam konsep homeschooling. Menyikapi realita ini, penulis mengajukan dua rumusan masalah penelitian, yaitu 1). Bagaimana penerapan nilai-nilai pendidikan Islam dalam konsep homeschooling 2). Bagaimana model Homeschooling dalam Sistem Pendidikan Islam. Untuk memperoleh data atau informasi yang dibutuhkan, maka penulis mengumpulkan data dengan teknik dokumentasi berupa bahan pustaka (Library Reseach). Penulis menyajikan beberapa hal yang terkait dengan konsep nilai-nilai pendidikan Islam, konsep homeschooling, serta cara menerapkan nilai-nilai pendidikan Islam dalam konsep homeschooling. Penulis lantas menyimpulkan bahwa untuk menerapkan nilai pendidikan Islam dapat dilakukan dengan menentukan kurikulum yang di dalamnya memuat nilai-nilai pendidikan Islam, namun tetap sesuai dengan minat anak, memilihkan totor yang dapat membantu menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam pada anaknya, memilih metode yang kreatif dan menyenangkan, serta buku-buku bacaan yang menunjang penerapan nilai-nilai pendidikan Islam. Dengan dmikian, khazanah jejayaan intelektual pada masa dahulu diharapkan dapat terjadi kembali. Karena pada dasarnya homeschooling yang ada pada sekarang merupakan terusan dari sistem pendidikan Islam terdahulu.




