Penerapan Etika Bisnis Islam oleh Pedagang Daging Sapi di Pasar Blumbungan Pamekasan
Abstract
Penelitian ini akan mengurai secara faktual praktik etika bisnis Islam yang dilakukan oleh para pedagang daging sapi di Pasar Blumbungan, Pamekasan untuk mengetahui penerapan nilai-nilai Islam dalam etika bisnis yang mereka lakukan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan para pembeli dan pedagang, observasi partisipatif, dan dokumentasi terkait transaksi bisni yang kemudian diuraikan secara tematik untuk mengidentifikasi penerapan prinsip-prinsip etika bisnis Islam, seperti kejujuran, kesabaran dan keramahan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa sebagian pedagang daging sapi menerapkan prinsip-prinsip bisnis Islam, namun sebagian besar yang lain melakukan berbagai cara menipulatif untuk mengeruk keuntungan. Mereka tidak lagi berpegang pada sifat jujur dan amanah, sebab mereka ingin memonopoli perdagangan di tengah-tengah ketatnya persaingan dengan para pedagang lainnya. Penelitian ini memberikan penjelasan, bahwa etika bisnis Islam tidak hanya menjadi pedoman moral, tetapi juga strategi yang berkelanjutan untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan dan masyarakat secara luas.




