Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Digital di Era Modern: Transformasi Metode, Media, dan Strategi Pembelajaran

Authors

  • Moh. Naqib Universitas Annuqayah, Sumenep, Indonesia
  • Ubaidillah Ubaidillah Universitas Annuqayah, Sumenep, Indonesia

Abstract

Kemajuan teknologi digital telah merevolusi berbagai aspek pendidikan, termasuk pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia. Inovasi dalam metode, media, dan strategi pembelajaran menjadi krusial untuk menjawab tantangan abad ke-21 dan kebutuhan siswa yang semakin beragam. Artikel ini bertujuan mengkaji secara komprehensif bagaimana inovasi berbasis teknologi—mulai dari penggunaan aplikasi, gamifikasi, hingga e-learning—mampu meningkatkan mutu pembelajaran Bahasa Arab di berbagai jenjang pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan menelaah referensi primer dan sekunder yang relevan, serta mengombinasikan data temuan terbaru dari jurnal terindeks Google Scholar dan dokumentasi riset RIS. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan media digital seperti aplikasi pembelajaran interaktif, platform e-learning, dan strategi blended learning signifikan meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Namun demikian, tantangan pada aspek kesiapan guru, infrastruktur, serta adaptasi kurikulum tetap menjadi hambatan yang perlu diatasi. Artikel ini memberikan rekomendasi penguatan kapasitas pendidik dan integrasi inovasi digital secara terstruktur dalam kebijakan pendidikan Bahasa Arab.

Downloads

Published

2025-03-30

Issue

Section

Articles