Modernisasi Pendidikan Pesantren di Indonesia: Inovasi, Tantangan, dan Peluang Menuju Lembaga Pendidikan Islam Berdaya Saing Global
Abstract
Modernisasi pesantren di Indonesia menjadi kebutuhan strategis dalam menghadapi tantangan global dan perkembangan teknologi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau secara sistematis inovasi, tantangan, dan peluang pada proses modernisasi pesantren berdasarkan analisis 32 artikel ilmiah yang relevan. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan tahapan pencarian, seleksi, ekstraksi, dan sintesis data secara sistematis. Hasil kajian menunjukkan bahwa pesantren telah melakukan berbagai inovasi, seperti digitalisasi pembelajaran, integrasi kurikulum nasional dan pesantren, profesionalisasi manajemen, serta pengembangan kewirausahaan santri. Namun, modernisasi pesantren menghadapi hambatan berupa resistensi budaya, keterbatasan sumber daya, kesenjangan digital, perubahan relasi santri-kyai, dan tekanan persaingan global. Di sisi lain, modernisasi membuka peluang strategis dalam perluasan jangkauan pendidikan, pengembangan karakter, kolaborasi, kewirausahaan, dan moderasi beragama. Rekomendasi strategis disampaikan untuk mendukung kebijakan dan praktik pengembangan pesantren yang berkelanjutan dan berdaya saing global. Studi ini memberikan kontribusi ilmiah dalam memahami dinamika modernisasi pesantren secara komprehensif dan menjadi acuan bagi pemangku kepentingan guna mengoptimalkan peran pesantren di masa depan.




