Implementasi Pendidikan Inklusif di Madrasah Ibtidaiyah: Peluang dan Tantangannya di Indonesia
Abstract
Kajian ini bertujuan mengidentifikasi tantangan dan peluang implementasi pendidikan inklusif di Madrasah Ibtidaiyah di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah systematic literature review terhadap 30 artikel ilmiah open-access yang diterbitkan tahun 2015–2025. Analisis literatur dilakukan dengan mengelompokkan kendala dalam aspek internal (kompetensi guru, kurikulum, fasilitas), eksternal (dukungan pemerintah, kebijakan, kemitraan), serta sosial-budaya (stigma, diskriminasi, partisipasi orang tua). Hasil penelitian menunjukkan hambatan utama berupa minimnya guru terlatih, adaptasi kurikulum yang belum optimal, keterbatasan fasilitas, serta implementasi kebijakan dan kesadaran masyarakat yang rendah terhadap pendidikan inklusif. Peluang untuk perbaikan terletak pada penguatan pelatihan guru, adaptasi kurikulum, dukungan lintas lembaga, serta edukasi publik. Simpulan kajian ini menekankan perlunya sinergi multipihak serta penguatan kapasitas madrasah untuk mendukung implementasi pendidikan inklusif yang berkualitas dan berkeadilan.




