TEORI TRANSFORMATIF GENERATIF NOAM CHOMSKY DAN IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana deskripsi dari salah satu teori pemerolehan bahasa yang di kembangkan oleh ahli linguistik dari Amerika Serikat bernama Noam Chomsky dan impelementasi dari teori Transformasi Generatif pada pembelajaran bahasa Arab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berjenis studi kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data diambil melalui buku dan artikel yang terkait dengan obyek penelitian. Data dikumpulkan melalui teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa teori Transformatif-Generatif merupakan teori pemerolehan bahasa yang dikembangkan oleh Noam Chomsky pada sekitar tahun 1957. Secara istilah Transformatif-Generatif adalah membangkitkan dan mengubah suatu bentuk kebahasaan sehingga menimbulkan suatu bentuk lain yang baru. Transformatif Generatif menjadi salah satu teori refleksi modern paling menonjol dengan menunjukkan keterampilan berfikir, diskusi masalah bahasa dan pemerolehannya dengan keterkaitannya pada akal dan intelektual manusia. Teori Transformatif-Generatif dapat di terapkan pada pembelajaran sintaksis dan morfologi (nahwu-shorof) dan guru dapat menggunakan pedoman penerapan teori transformasi berupa; Al-ibdal (penggantian), Al-ittisa’ (expansion), Al-hadzf (deletion), Al-ikhtisar (reduction), Al-ziyadah (addition).



