PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS IV MI NURUR-ROHMAN JEMBER
Keywords:
Problematika, Pembelajaran, Bahasa ArabAbstract
Pembelajaran bahasa Arab merupakan hal yang penting dalam kurikulum pendidikan formal, terkhusus pada sekolah madrasah. Dalam melaksankan sebuah sistem pembelajaran tidak akan lepas dengan berbagai problem yang dihadapi peserta didik maupum pendidik. Tujuan peneliti ini untuk menganalisis problematika pembelajaran bahasa Arab di Mi Nurur-Rohman Jember agar mengetahui faktor-faktor lingustik dan nonlingustik yang menjadi penyebab munculnya kesulitan dalam pembelajaran bahasa arab bagi peserta didik kelas IV dan memaparkan solusi untuk memecahkan problamatika yang ada. Metode penelitiannya menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber datanya berasal dari sumber data sekunder dan primer. Teknik pemgumpulan data dengan wawancara dan observasi lansung DI kelas IV Mi Nurur-Rohman Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problem dalam faktor linguistik terjadi pada bunyi, kosa kata, tulisan, tata bahasa dan morfologi. Sedangkan dalam faktor non linguistik terjadi pada pendidik, minat peserta didik, bahan ajar, dan lingkungan. Adapun solusi dalam mengatasi problem tersebut peneliti menawarkan media permainan edukasi yang bervaariasi kepada pendidik untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa arab.



