Model Pembelajaran Bahasa Arab Era Posmetode

Authors

  • Sholeh Najmul Millah UIN Malang
  • Abd Syakur IAIN Kediri

Keywords:

Pembelajaran Bahasa Arab; Era Posmetode; Markaz Arabiyah.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dua permasalahan penting dan mendasar di lembaga kursus Markaz Arabiyah Pare, yaitu: 1) Hakikat pembelajaran bahasa Arab Era Posmetode, dan 2) Model pembelajaran bahasa Arab di Markaz Arabiyah. Dewasa ini, pembelajaran bahasa Arab secara khusus telah memasuki Era Posmetode yang mana dalam era ini hanya mengandalkan satu metode tidaklah menjamin keberhasilan suatu pembelajaran. Faktanya, tidak ada suatu metode tertentu yang, pada dasarnya, paling ideal atau paling cocok untuk suatu situasi pembelajaran Bahasa Arab tertentu. Prinsip, profesionalitas, dan peran aktif serta strategis seorang pengajarlah yang menjadi penentu utama keberhasilan pembelajaran bahasa Arab. Penelitian dalam artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif lapangan. Adapun sumber data dalam penelitian dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis; primer dan sekunder. Sumber data primer diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi guna mengetahui performa pengajar di Markaz Arabiyah Pare. Sedangkan sumber sekunder diperoleh dari berbagai literatur seperti buku, artikel, jurnal sebagai landasan teoritis.

Author Biography

Sholeh Najmul Millah, UIN Malang

artikel tentang pendidikan bahasa arab

Downloads

Published

26-10-2025

Issue

Section

Articles