EDUKASI PANGAN HALAL DAN LITERASI HALAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR BINA INSANI DI KOTA BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.59005/j-abdisuci.v3i01.515Keywords:
edukasi , halal, sekolah dasar, panngan, pokokAbstract
Pangan halal merupakan konsep yang penting untuk dipenuhi dan dipahami.
Kemajuan zaman membuat berbagi macam makanan tanpa label halal masuk dengan
mudah ke Indonesia. Anak usia sekolah dasar membutuhkan pemahaman mengenai
pangan halal dan literasi dalam pemilihan makanan yang sesuai dengan konsep halal.
Edukasi adalah salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan. Program Studi Gizi,
Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Ibn Khaldun Bogor melakukan pengabdian kepada
masyarakat berupa Edukasi Pangan Halal dan Literasi Halal pada siswa kelas empat (IV)
Sekolah Dasar (SD) Bina Insani. Hasil pre-post test menunjukkan peningkatan
pengetahuan (p<0,05). Rerata skor saat pre-test 7,24 menjadi 8,45 saat post test. Kegiatan
pengabdian kepada masyarakat menggunakan metode edukasi berhasil meningkatkan
pengetahuan dan diharapkan dapat menjadi bekal bagi siswa untuk memilih makanan
halal.
References
Brown, Judith. (2020). Nutrition Through the Life Cycle. Cengage.
Komala, R., Febriani, W., Pramesona, B. A., Ervina, L., Angraini, D. I., & Rahmadhani,
E. P. (2024). EDUKASI KONSUMSI MAKANAN BERAGAM, BERGIZI
SEIMBANG, AMAN, HALAL UNTUK PERBAIKAN GIZI ANAK USIA SEKOLAH.
(6), 6638–6647. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i6.27395
Kurahman, O. T., Priatna, T., & Cahyanto, T. (2023). Reorientation Of Halal Literacy
Education Development in The Curriculum of Islamic Educational Institutions: An
Alternative Concept. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01).
https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.3190
Pemerintah Pusat, I. (2021). Peraturan Pemerintah Nomor 39 tahun 2021.
Profil Sekolah Dasar Bosowa Bina Insani. (n.d.). Retrieved January 23, 2025, from
https://bogor.bosowaschool.sch.id/program/program_sd
Risdiani, R., Pratiwi, Y. S., & Warsiyah, W. (2022). Pendampingan Pemilihan Jajanan
Halālan Tayyiban bagi Kesehatan Anak Sekolah Dasar di SD Muhammadiyah 01
Wuled. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 31–
https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v7i1.2258
Sumiati, I., Windayani, N., & Nuryantini, A. Y. (2024). Exploration the concept of
thayyiban halal food in the primary school environment: a study of students’ halal
literacy. Journal of Halal Product and Research, 7(1), 91–103.
https://doi.org/10.20473/jhpr.vol.7-issue.1.91-103
The Royal Islamic Strategic Studies Centre. (2023). The Muslim 500: The World’s 500
Most Influential Muslims, 2023 (A. Schleifer & T. Elgawhary, Eds.). 2 The Royal
Islamic Strategic Studies Centre 20 Sa’ed Bino Road, Dabuq.
Usman, I., Sana, S., Afzaal, M., Imran, A., Saeed, F., Ahmed, A., Shah, Y. A., Munir,
M., Ateeq, H., Afzal, A., Azam, I., Ejaz, A., Nayik, G. A., & Khan, M. R. (2024).
Advances and challenges in conventional and modern techniques for halal food
authentication: A review. Food Science & Nutrition, 12(3), 1430–1443.
https://doi.org/10.1002/fsn3.3870
Zaini, M. A., Zainuri, Z., Sulastri, Y., Widyasari, R., & Nofrida, R. (2019).
PEMBELAJARAN INTERAKTIF TENTANG PANGAN AMAN, BERGIZI DAN
HALAL BAGI SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Abdi Mas TPB Unram,
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 ABDISUCI : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan MasyarakatLembaga Penlitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Annuqayah




