EDUKASI PANGAN HALAL DAN LITERASI HALAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR BINA INSANI DI KOTA BOGOR

Authors

  • Pramita Ariawati Putri Prodi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Henni Rizki Septiana Prodi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Paramita Adi Nurmutia Prodi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Fithriani Batubara Prodi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Humaira Anggie Nauli Prodi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Yeni Rohmaeni Prodi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Aisyah Nurkhopipah Prodi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Nabilla Andrini Saputri Prodi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Alisha Assifani Prodi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Suhaimah Hasifah Prodi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Salma Andini Prodi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Eka Firdya Lestari Prodi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Guscahya Ningsih Prodi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.59005/j-abdisuci.v3i01.515

Keywords:

edukasi , halal, sekolah dasar, panngan, pokok

Abstract

Pangan halal merupakan konsep yang penting untuk dipenuhi dan dipahami.
Kemajuan zaman membuat berbagi macam makanan tanpa label halal masuk dengan
mudah ke Indonesia. Anak usia sekolah dasar membutuhkan pemahaman mengenai
pangan halal dan literasi dalam pemilihan makanan yang sesuai dengan konsep halal.
Edukasi adalah salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan. Program Studi Gizi,
Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Ibn Khaldun Bogor melakukan pengabdian kepada
masyarakat berupa Edukasi Pangan Halal dan Literasi Halal pada siswa kelas empat (IV)
Sekolah Dasar (SD) Bina Insani. Hasil pre-post test menunjukkan peningkatan
pengetahuan (p<0,05). Rerata skor saat pre-test 7,24 menjadi 8,45 saat post test. Kegiatan
pengabdian kepada masyarakat menggunakan metode edukasi berhasil meningkatkan
pengetahuan dan diharapkan dapat menjadi bekal bagi siswa untuk memilih makanan
halal.

References

Brown, Judith. (2020). Nutrition Through the Life Cycle. Cengage.

Komala, R., Febriani, W., Pramesona, B. A., Ervina, L., Angraini, D. I., & Rahmadhani,

E. P. (2024). EDUKASI KONSUMSI MAKANAN BERAGAM, BERGIZI

SEIMBANG, AMAN, HALAL UNTUK PERBAIKAN GIZI ANAK USIA SEKOLAH.

(6), 6638–6647. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i6.27395

Kurahman, O. T., Priatna, T., & Cahyanto, T. (2023). Reorientation Of Halal Literacy

Education Development in The Curriculum of Islamic Educational Institutions: An

Alternative Concept. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01).

https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.3190

Pemerintah Pusat, I. (2021). Peraturan Pemerintah Nomor 39 tahun 2021.

Profil Sekolah Dasar Bosowa Bina Insani. (n.d.). Retrieved January 23, 2025, from

https://bogor.bosowaschool.sch.id/program/program_sd

Risdiani, R., Pratiwi, Y. S., & Warsiyah, W. (2022). Pendampingan Pemilihan Jajanan

Halālan Tayyiban bagi Kesehatan Anak Sekolah Dasar di SD Muhammadiyah 01

Wuled. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 31–

https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v7i1.2258

Sumiati, I., Windayani, N., & Nuryantini, A. Y. (2024). Exploration the concept of

thayyiban halal food in the primary school environment: a study of students’ halal

literacy. Journal of Halal Product and Research, 7(1), 91–103.

https://doi.org/10.20473/jhpr.vol.7-issue.1.91-103

The Royal Islamic Strategic Studies Centre. (2023). The Muslim 500: The World’s 500

Most Influential Muslims, 2023 (A. Schleifer & T. Elgawhary, Eds.). 2 The Royal

Islamic Strategic Studies Centre 20 Sa’ed Bino Road, Dabuq.

Usman, I., Sana, S., Afzaal, M., Imran, A., Saeed, F., Ahmed, A., Shah, Y. A., Munir,

M., Ateeq, H., Afzal, A., Azam, I., Ejaz, A., Nayik, G. A., & Khan, M. R. (2024).

Advances and challenges in conventional and modern techniques for halal food

authentication: A review. Food Science & Nutrition, 12(3), 1430–1443.

https://doi.org/10.1002/fsn3.3870

Zaini, M. A., Zainuri, Z., Sulastri, Y., Widyasari, R., & Nofrida, R. (2019).

PEMBELAJARAN INTERAKTIF TENTANG PANGAN AMAN, BERGIZI DAN

HALAL BAGI SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Abdi Mas TPB Unram,

(1). https://doi.org/10.29303/amtpb.v1i1.13

Published

2025-03-01

How to Cite

Putri, P. A., Septiana, H. R., Nurmutia, P. A., Batubara, F., Nauli, H. A., Rohmaeni, Y., Nurkhopipah, A., Saputri, N. A., Assifani, A., Hasifah, S., Andini, S., Lestari, E. F., & Ningsih, G. (2025). EDUKASI PANGAN HALAL DAN LITERASI HALAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR BINA INSANI DI KOTA BOGOR. ABDISUCI : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(01), 16–22. https://doi.org/10.59005/j-abdisuci.v3i01.515