PEMBANGUNAN KESADARAN LINGKUNGAN SISWA DI DESA CAMPOR TIMUR AMBUNTEN, SUMENEP

Authors

  • muayyanah muayyanah Universitas Annuqayah

DOI:

https://doi.org/10.59005/j-abdisuci.v2i03.396

Keywords:

Kata kunci: Kesadaran lingkungan, siswa, pendidikan lingkungan, partisipasi siswa, Desa Campor Timur, Kesadaran lingkungan,, siswa

Abstract

Abstrak : Pembangunan kesadaran lingkungan pada siswa di Desa Campor Timur, Kecamatan Ambunten, Kabupaten Sumenep, menjadi salah satu upaya penting dalam menghadapi berbagai tantangan lingkungan yang semakin kompleks. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku siswa terhadap pelestarian lingkungan sejak dini. Metode yang digunakan dalam pembangunan kesadaran lingkungan ini melibatkan pendekatan partisipatif, yaitu dengan melibatkan siswa secara langsung dalam berbagai kegiatan seperti penghijauan, pengelolaan sampah, dan pemanfaatan bahan daur ulang. Kegiatan ini dilaksanakan melalui kerja sama antara sekolah, masyarakat setempat, dan pihak pemerintah desa. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan pemahaman siswa tentang pentingnya menjaga lingkungan serta perubahan perilaku positif dalam pengelolaan lingkungan sekitar mereka. Diharapkan program ini dapat menjadi model untuk diterapkan di sekolah-sekolah lain dalam upaya membentuk generasi yang lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan.

References

Tia Subekti, Irma Fitriana Ulfah. 2022. “Dampak Pengelolaan Dana Desa Terhadap

Ketahanan Lingkungan Studi Pada Desa Ngroto Kecamatan Pujon Kabupaten Malang”.

Jiip: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan. Vol.7. No. 1. 1-22.

Pratiwi, Puspa Indah. dan Siswidiyanto. 2023. “Penerapan Protokol Kesehatan

Covid-19 di Lingkungan Kerja dalam Perspektif Planned Behavioral Theory”. Jurnal Ilmiah

Administrasi Publik (JIAP). Vol 9. No 1. 1-10.

Nugroho, a. (2016). “Pendidikan lingkungan di sekolah dan pengaruhnya terhadap

kesadaran siswa. Jurnal pendidikan lingkungan”. 12 (2). 133-145.

Ulya, Zihniatul. April 2024. “Penerapan Teori Konstruktivisme Menurut Jean

Piaget Dan Teori Neuroscience Dalam Pendidikan”. Al-Mudarris : Journal Of Education.

Vol. 7. No. 1Setyawan, b. (2019). Pengembangan karakter peduli lingkungan melalui pendidikan

berbasis alam. Jurnal pendidikan karakter. 14 (3). 201-215.

Sudrajat, A. (2019). "Pendidikan Lingkungan dalam Meningkatkan Kesadaran

Siswa di Sekolah Menengah." Jurnal Pendidikan dan Lingkungan. 15(3). 30-45.

Yulianto, A. & Wulandari, S. (2017). "Pengaruh Program Adiwiyata terhadap

Kesadaran Lingkungan Siswa." Jurnal Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat. 6(2). 80-95.

Hermansyah, D. (2018). "Efektivitas Metode Partisipatif dalam Pendidikan

Lingkungan." Jurnal Pendidikan Karakter. 8(4), 55-67.

Hastuti, L. (2020). "Kampanye Lingkungan Sekolah sebagai Media Pembelajaran

Interaktif." Jurnal Ilmu Pendidikan. 21(1). 43-58.

Hines, J. M. Hungerford, H. R., & Tomera, A. N. (1986). "Analysis and Synthesis

of Research on Responsible Environmental Behavior." Journal of Environmental Education.

(2). 1-8.

Referensi: Stapp, W. B. (1969). “The Concept of Environmental Education.”

Journal of Environmental Education. 1(1). 30-31.

Stern, P. C. (2000). "Toward a Coherent Theory of Environmentally Significant

Behavior." Journal of Social Issues. 56(3). 407-424.

Piaget, J. (1952). The Origins of Intelligence in Children. New York: International

University Press.

Sarjono, A. (2019). "Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Meningkatkan

Kesadaran Siswa." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 26(2). 45-58.

Priyanto, D. (2018). "Metode Pembelajaran Partisipatif dalam Pengabdian

Masyarakat." Jurnal Pemberdayaan Masyarakat. 3(1). 10-22.

Handayani, L. (2020). "Perencanaan Program Pengabdian Masyarakat dalam

Peningkatan Kesadaran Lingkungan." Jurnal Pengabdian Masyarakat. 5(3). 70-78.

Wulandari, N. (2021). "Strategi Penyuluhan dalam Pendidikan Lingkungan." Jurnal

Ilmu Pendidikan. 19(4). 112-121.

Sudrajat, A. (2019). "Evaluasi Program Pengabdian Masyarakat Berbasis 1-12.

Lingkungan." Jurnal Pemberdayaan. 5(4). 88-96.

Syafril, M. (2018). "Strategi Evaluasi pada Program Pengabdian Lingkungan di

Sekolah." Jurnal Pendidikan dan Pengabdian. 14(3). 99-108.

Published

2025-02-27

How to Cite

muayyanah, muayyanah. (2025). PEMBANGUNAN KESADARAN LINGKUNGAN SISWA DI DESA CAMPOR TIMUR AMBUNTEN, SUMENEP. ABDISUCI : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(03), 91–100. https://doi.org/10.59005/j-abdisuci.v2i03.396