PENDAMPINGAN POTENSI REMAJA DALAM MENINGKATKAN QIRAATUL QURAN DENGAN METODE TAJWID DI DESA TAMBAAGUNG TENGAH, SUMENEP

Authors

  • mawaddah mawaddah Universitas Annuqayah

DOI:

https://doi.org/10.59005/j-abdisuci.v2i03.394

Keywords:

Tajwid, Remaja, Pendampingan, , Desa Tambaagung Tengah, Qiraatul Quran

Abstract

Pendampingan remaja dalam meningkatkan kemampuan qiraatul Quran dengan
metode tajwid merupakan upaya penting dalam memperkuat pemahaman agama dan bacaan AlQur'an yang sesuai dengan kaidah. Artikel ini membahas pelaksanaan program pendampingan
bagi remaja di Desa Tambaagung Tengah yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan
membaca Al-Qur'an dengan benar melalui penerapan tajwid. Program ini melibatkan tahapantahapan seperti observasi awal, pengajaran teori tajwid, praktik langsung, dan evaluasi berkala.
Hasil pendampingan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan qiraatul Quran
remaja, baik dalam penerapan hukum tailwind maupun kelancaran bacaan. Antusiasme remaja
dalam mempelajari Al-Qur'an juga meningkatseiring dengan pelaksanaan program ini. Kendala
yang dihadapi, seperti perbedaan tingkat pemahaman antar peserta, diatasi dengan metode
tajwid. Dengan keberhasilan program ini, diharapkan pendampingan serupa dapat terus
dikembangkan untuk mendukung pembinaan spiritual remaja di lingkungan pedesaan.

References

Asngari, Muhammad Salamun. dan Alena, Adis. 2022. “Metode Pembelajaran Dalam

Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an”. Guau Jurnal Pendidikan Profesi Guru

Agama Islam. Volume 2. Nomor 8. 1-6.

Dewi, Muthia. dan Dailami, August 2020. “Evaluasi Sebagai Impelementasi Program

Pembelajaran”. Journal Of Science And Social Research. Iii (2): 102 – 108.

Mahdali, Fitriyah. 2020. “Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dalam Perspektif

Sosiologi Pengetahuan”. Mahdar: Jurnal Studi Al-Qur’an Hadis. Vol.2 No.2. 143-168.

Muhammad, Hasanuddin. dan Al Mu’min, Yudha Tama. Juli - Desember 2021. “Pendampingan

Belajar Anak-Anak Membaca Al–Qur’an Dengan Ilmu Tajwid Di Desa Ratu Jaya

Kabupaten Lampung Utara”. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 3 No. 2.

- 136.

Munawaroh, Asrofah. Dkk. Maret 2024. “Penerapan Hukum Tajwid Dalam Meningkatkan

Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Murid Mdta Nurul Huda Cibutun”. AlKhidmah Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Volume 2. Nomor 1. 35-40.

Naelasari, Desy. September (2022). “Strategi Guru Dalam Peningkatan Kemampuan Baca AlQur’an Siswa Di Ma At-Taufiq Grogol Diwek Jombang”. Ilmuna: Jurnal Studi

Pendidikan Agama Islam I Vol. 4. No.2. 109-211.

Nasirudin, Mohamad. Dkk. Desember 2023. “Penerapan Pemahaman Tajwid Dengan Baik Dan

Benar Di Desa Tanggalrejo Mojoagung Jombang”. Keagamaan: Jurnal Pengabdian

Masyarakat. Vol. 4. No. 3. Hal. 145 – 148.

Nurdini, Karina Dwi. Dkk. September 2022. “Pelatihan Penggunaan E-Lks Untuk

Meningkatkan Pemahaman Ilmu Tajwid. Abdimasku. Vol. 5. No. 3. 355-362.

Rahma, Leily Vidya. dan Zahroh, Aminatul. maret 2021. “Problematika Penerapan Ilmu Tajwid

Dalam Membaca Al-Qur’an Pada Peserta Didik Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan

Negeri 1 Bagor Nganjuk Tahun Pelajaran 2017/2018”. Jurnal Ilmiah Innovative.

Volume 8. Nomor 1. 1-18.

Sujono. April 2024. “Pelatihan Tajwid Untuk Pengajar Dan Santri Tpq Di Desa Turipinggir”. Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 5. No. 1. Hal. 22 - 26

Published

2025-02-27

How to Cite

mawaddah, mawaddah. (2025). PENDAMPINGAN POTENSI REMAJA DALAM MENINGKATKAN QIRAATUL QURAN DENGAN METODE TAJWID DI DESA TAMBAAGUNG TENGAH, SUMENEP. ABDISUCI : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(03), 85–90. https://doi.org/10.59005/j-abdisuci.v2i03.394