PENYULUHAN STRATEGI DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN DI DESA LEMBUNG TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.59005/j-abdisuci.v1i2.31Keywords:
Digital Marketing, Lembung Timur, PenyuluhanAbstract
Penyuluhan kegiatan tentang strategi digital marketing ini dilaksanakan oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam pengabdian pada masyarakat di Desa Lembung Timur untuk membantu mengatasi masalah sumber daya masyarakat (SDM) Desa Lembung Timur, yaitu kurangnya wawasan masyarakat tentang kewirausahaan. Oleh karena itu, penyuluhan ini bertujuan untuk meningkatkan omset penjualan di Desa Lembung Timur. Metode pelaksanaan kegiatan berupa penyuluhan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung dan kuesioner. Berdasarkan hasil analisis jawaban kuesioner menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki pengetahuan yang kurang baik mengenai kewirausahaan. Akan tetapi, setelah dilakukan penyuluhan terdapat peningkatan pengetahuan dan minat masyarakat dalam melakukan wirausaha dan setuju tentang pentingnya berwirausaha serta tergerak untuk melakukan berwirausaha.
References
Andayani, M. (2020). Penyuluhan Motivasi Kewirausahaan Untuk Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Tanjung Agung Kecamatan Pagar Gunung Kabupaten Lahat. Suluh Abdi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat , 02 (01), 41-44.
Ariyanto, Aris; Wongso, Fery; Wijoyo, Hadion; Indrawan, Irjus; Musnaini; Akbar, Mada Faisal; Anggraini, Nia; Suherman; Suryanti; Ryana Devi, Wiara Sanchia Grafita. (2021). StrategiI Pemasaran UMKM di Masa Pandemi. Selayo, Kubung, Solok: Penerbit Insan Cendekia Mandiri.
Friadi, J., Agestira, D., Rumayar, M. A., & Dewiwin, N. (2022). Sosialisasi dan Penyuluhan Strategi Pemasaran Digital Pada UMKM. JPB , 04 (01), 71-77.
Hamid, A. A., Zubaedah, L. M., Irawan, A., & Nurselvy. (2021). Penyuluhan Strategi Pemasaran Online Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 Dikelurahan Cinangka, Kecamatan Sawangan,. ABDIMAS , 02 (03), 46-53.
Langga, L., & Se, H. (2022). Pelatihan Manajemen Kewirausahaan Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Pelaku Umkm Di Kecamatan Kota Baru Kabupaten Ende. Pesona , 06 (1), 48-54.
Nilma, Nuzulah, R., & Mardika, P. D. (2020). Penyuluhan Tentang Kewirausahaan Melalui Media Sosial Kepada Ibu-Ibu Pkk Di Wilayah Kelurahan Abadijaya, Sukamaja, Depok:. Jurnal PKM:Pengabdian kepada Maysarakat , 03 (01), 101-106.
Retnosari, I. E., Faridah, N., Febrianto, M. A., Indrawati, R., Bachtiar, A. L., Lestari, A. I., et al. (2017). Workshop Pemasaran Online Mahasiswa Kkn-Ppm Universitas Pgri Adi Buana Surabaya Desa Bulang Prambon Sidoarjo. ABADIMAS ADI BUANA , 01 (01), 35-42.
Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Daya Saing. Jurnal Administrasi Bisnis , 29 (01), 59-66.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 AbdhinahLembaga Penlitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Annuqayah




